Entri Populer

Senin, 15 Maret 2010

Profil Kabupaten Trenggalek


Profil Kabupaten Trenggalek

Kabupaten Trenggalek secara geografis terletak antara 7o53 - 8o34 Lintang Selatan dan 111o24 - 112o11 Bujur Timur. Wilayah Kabupaten Trenggalek di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Tulungagung, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Pacitan dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Luas wilayah Kabupaten Trenggalek 1.261,40 Km2 yang terbagi menjadi empat belas kecamatan dengan Trenggalek sebagai ibukota dari Kabupaten Trenggalek.
Kabupaten Trenggalek memiliki beberapa komoditi unggulan disektor pertanian. Komoditi yang dihasilkannya antara lain, berupa cengkeh dan kelapa. Selain cengkeh, trenggalek juga menghasilkan kopi dan perkebunan kopi terbesar terdapat di Kecamatan Bendungan yang bernama perkebunan Dillem. Selain kopi perkebunan ini juga dimanfaatkan untuk pengembangan cengkeh, ternak sapi dan juga berpotensi untuk tanaman jeruk, jahe, apel, kubis, dan wortel.
Di sektor pariwisata, Kabupaten Trenggalek juga memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Objek-objek wisata yang bisa dibanggakan dan membantu mendongkrak nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Trenggalek, adalah Gua yang terkenal "Gua Lowo" konon terkenal dengan banyaknya kelelawar di dalam gua tersebut, tak jauh dari gua ini (kurang lebih 6 km) terdapat Pantai Prigi yang indah. Kurang lebih 2 km ada pantai pasir putih dengan pasirnya yang putih bersih. Baik di dekat pantai prigi maupun pantai pasir putih banyak tempat penginapan. Selain itu juga disebelah timur pantai pasir putih terdapat Pantai Karanggoso,dan yang tak kalah menariknya ada juga pantai Damas yang masih dengan keindahan alaminya.


Sumber Data:
Jawa Timur Dalam Angka 2007
(01-9-2007)
BPS Propinsi Jawa Timur

Tidak ada komentar: