Entri Populer

Selasa, 20 Agustus 2013

SMAN 1 Bendungan Trenggalek

SMAN 1 BENDUNGAN adalah satu-satunya sekolah setingkat SMA di Kecamatan Bendungan, berdiri sejak tahun 2001 SMAN 1 Bendungan terletak di Desa Sumurup tepatnya di Dukuh Jonggol Kecamatan Bendungan atau kurang lebih 14 km dari Kota Trenggalek. Suasana di sekitar lingkungan yang asri dan alami menjadikan tempat ini sangat kondusif untuk tempat pendidikan.


SMAN 1 Bendungan

Siang hari yang cerah di depan SMAN 1 Bendungan

Masjid SMAN 1 Bendungan

Sejarah dan Perjalanannya

Tidak seperti proses pembangunan SMA Negeri lainnya, proses pembangunan SMA Negeri 1 Bendungan memiliki perjalanan yang panjang dan khusus. Awal berdirinya sekolah ini lebih disebabkan atas keprihatinan berbagai kalangan masyarakat akan kondisi pendidikan di kecamatan Bendungan yang sebagian besar berhenti sampai SMP bahkan beberapa hanya sampai SD. Faktor utama selain masalah ekonomi, juga masalah kondisi geografis Bendungan yang berbukit sehingga masalah transportasi menjadi kendala bagi kehidupan sehari-hari. Beberapa tokoh masyarakat kemudian menyampaikan keprihatinan ini dalam bentuk aspirasi kepada Pemerintah Daerah Trenggalek. Disetujui untuk mulai mengadakan pendidikan tingkat SMA, tetapi saat itu masih bersifat Filial (menggabung) dengan SMA Negeri 1 Trenggalek.


Permasalahan kemudian adalah belum ada tempat ataupun gedung untuk melaksanakan proses KBM, sehingga sampai 1,5 tahun kemudian proses KBM dilaksanakan dengan menumpang balai Desa sekitar. Termasuk juga adalah guru yang mengajar, semuanya dipegang oleh guru SMA Negeri 1 Trenggalek (tentunya dengan pengabdian penuh).


Siswa angkatan pertama terdaftar berjumlah 40 siswa dengan usia rata-rata di atas 18 tahun (bahkan ada yang lebih dari 20 tahun). Permasalahan yang muncul kemudian adalah angkatan ke 2, dimana sampai hari penutupan pendaftaran siswa baru hanya tercatat 2 siswa pendaftar itupun dari luar Bendungan. Dengan berbagai upaya (termasuk memberikan iming-iming sepatu dan seragam gratis) akhirnya terdaftar juga siswa sebanyak 40 siswa. 
(diambil dari sman1bendungan.blogspot.com)

Selain itu tepat berada di depan SMAN 1 Bendungan ini juga terdapat Puskesmas Kecamatan Bendungan sehingga juga sekaligus menjadi promosi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan hidup sehat.

Puskesmas Bendungan (Depan SMAN 1 Bendungan)


Keberadaan SMAN 1 Bendungan yang hanya satu-satunya di Kecamatan Bendungan ini diharapkan bisa meningkatkan tingkat pendidikan anak-anak di Kecamatan Bendungan seiring dengan perkembangan jaman. Ke depan tentu diharapkan juga muncul sekolah-sekolah lanjutan tingkat atas baru yang berorientasi pada pendidikan kejuruan karena bisa meningkatkan ketrampilan peserta didik khususnya sehingga siap kerja dan siap membangun desanya. @ed, 2013



Tidak ada komentar: